jump to navigation

Tonti Vs. “EskpR” Oktober 4, 2007

Posted by wednesmandra in Bogi banget, Uncategorized.
trackback

            Halo halo.. ya, ini berhubungan dengan kegiatan sekolah saya. Tentang pengalaman saya dimana saya berpetualang melawan arus. He.. arus? ya arus yang memaksa saya harus menggeluti kegiatan fisik. Dari judulnya sudah tahu kalau ini mau ngomongin Tonti. Pertamanya saya itu bener bener gak minat sama yang namanya TONTI. Tapi mengapa saya bisa terpilih jadi salah satu anggota peleton inti SMA 8 Yogyakarta ?. Saya benar benar terpaksa. Wuah.. gimana ini?? Ya sudah, saya akan keluar dan mengundurkan diri. Tapi ternyata tak semudah yang saya beyangkan. SMA 8 begitu mengandalkan Tonti-nya. Yah.. saya milih jalan Rebel. Yaitu memberontak (yang waktu itu saya juga ditemani seorang teman yang ingin memberontak.. namanya HEKAL) kami menyebut orang-orang yang tunduk itu dengan julukan OBEY. Dengan cara melarikan diri dari latihan latihan. Tapi ternyata sulitnya minta ampun.

hekal

Sebenarnya kami tidak membenci tonti, kami cinta tonti. Tapi kami benci pemaksaan. Tidak ada pelajaran ikhlas. Saking kurangnya anggota peleton yang latihan, mereka sampai membuat Lurah, Jaga Baya.. apalah. Yang tugasnya mengkoordinasi para OBEY untuk menangkap anggota yang berusaha kabur dari latihan. Wuh.. ini namanya “Wagu” begitu mas Veta bilang ke saya. Saya dan Hekal yang terus saja menyusun rencana kabur. Penuh dengan strategi dan kesabaran. Ha-ha.. aneh aneh saja. Kami pernah ngumpet di Parkiran belakang kantin, perpustakaan. Gerbang depan sangat ketat penjagaannya.. sulit ditembus. ya walaupun sasakali kami juga ikut latihan TONTI. Tapi kami mencatat rekor : ANAK TONTI YANG KABUR DENGAN KREATIF TERBANYAK. Lanjut kami menamai diri Kami ini dengan ESCAPER.. atau bisa juga KABURer.. hehe.. aneh..

Escaper yang berarti Tukang Kabur. Tapi dengan segala keikhlasan, akhirnya Saya dan Hekal bersedia ikut LOMBA PPI KOTA. Yang dilaksanakan tanggal 9 September kemarin. Lama-lama Kami juga merasa bersalah. Juara 3 Kami raih. Yang gak mutu lagi itu.. ada kakak alumni yang membuat peraturan begini : “YANG NANTI PAS LOMBA KETAHUAN MENYAPA TEMANNYA YANG BUKAN DARI SMA 8, ADA KONSEKUENSINYA…”. Lhoh.. apa ini?? mana ilmu Silaturahhminya?? mana ada sesama teman gak boleh menyapa?? saya masih maklum kalau sebelum lomba, biar kita konsentrasi pada lombanya. Nah.. ternyata setelah lomba juga tidak boleh. Wuah habis lomba itu saya ktemu sama teman lama, saya ngobrol sedikit. Tapi saya langsung pulang karena badan saya nggak enak.. pusing.

Ternyata Benar.. Setelah semua berkumpul di sekolah, mereka diberi konsekuensi. PUSH UP. Apakah ini masuk akal dan mutu?? menurut saya nggak mutu banget.. tidak salah kok maen hukum.. peraturan gak mutu. Sya semakin ingin keluar tonti. saya benar benar tidak minat walau saya sudah ikut berjuang di PPI KOTA dan dapat juara 3 lagi.. pendirian saya kuat.. saya gak minat…

Terakhir ini, tanggal 3 Oktober ada kejadian PENGUKURAN SERAGAM TONTI. Saya juga ikut terpanggil waktu itu. Saya Katakan Orang tua saya tidak mengijinkan. Dan Saya pun juga tidak minat. Dengan segala kekecewaan dengan SEKOLAH NEGERI SMA 8 ini.. Banyak dana yang diselewengkan (tapi saya tidak akan membicarakannya di sini).

to be continued…

Iklan

Komentar»

1. Thomas Arie - Oktober 5, 2007

Heh? Serius itu kalau menyapa teman dari sekolah lain ada konsekuensinya? Aneh banget…

2. wednesmandra - Oktober 5, 2007

serious… dan itu gak mutu banget.

3. dhe - Oktober 11, 2007

hmm. masa’ nyampe segitunya c? coba di cek lagii. bener gg?

4. wednesmandra - Oktober 11, 2007

sepertinya saya mencium bau gak enak…
wah yang saya tulis itu seperti apa yang saya lihat, dengar, rasakan.

5. Andri Setiawan - November 1, 2007

untung aku dulu gak jadi tonti (pancen dasare ra kepilih tonti) 😀

6. bonz - November 6, 2007

hi mandra bersodara,
dulu aq jg pernah pny pgalaman yg hampir sama m qm. aq dl jg dpaksa ikt tonti. tapi bedanya, dari awal aq udah gg mau,udah nolak. dari awal udah gg ikut latihan. saking gg maunya aq sampe ngajuin ortuQ buat ngomong baik” sama P.Nur. hasilnya ? aq bisa keluar baik” dan gg perlu ngerasain konsekwensi yang waktu itu berupa kudu cari pengganti 2 orang klu mo kluar tonti. 🙂

nah, klu menurutQ, qm kan udah ikut latihan berkali”. artinya qm udah jadi bagian dari tonti. konsekwensinya ? qm kudu ikutin apa pun yang ada d dalam tonti itu. klu gg suka sm sistemnya, nikmatin aja kebersamaan n kekompakan yang ada di tonti itu. key ? 😀

regards,
bonz

7. Tiap-tiap banjar dua kali belok kanan…………………… « punyanya mandra bersaudara - November 6, 2007

[…] Ngomongin soal tonti, di postingan sebelumnya adik saya udah nulis pandangannya tentang tonti, sekarang giliran saya. Dulu waktu SMU saya ikut (baca, kepaksa) tonti. Pada waktu […]

8. adii - Desember 22, 2007

hmm serem jga y . hhe . nii adii dri sma3 . q jga tonti . iseng” sharing aja . klo tonti d sma3 gaa skeras itu . qta bner” d pasrahi . jdi gaa ada pmaksaan . klo qta niat pngen latian y uda latian . klo lgii mles y gaa latian . ntar kliatan hasil’y yg bda . bda ma kk klas . mang ada c yg nma’y d marai tpi gaa smpe gtu . tu pun d marai krna mang qta’y yg slah . qta latian gaa pke hati . cma trpaksa . smpe akhir’y qta sdar klo tonti tu gaa maen” . y uda mpe skarang latian ikhlas” aja . bner” cinta tonti . gaa trpaksa . palagi tmpat’y adem . .

9. wednesmandra - Desember 24, 2007

@adii : yah, sebenernya disiplin tu gak harus rambut botak, kaya’ militer, dan bla bla bla lainnya… saya setuju sama anda, mending seikhlasnya saja, jadi bener bener dari hati.. hehe lam kenal..

10. naufal - Oktober 24, 2010

mas dulu tontinya sma8 bagus nggak e ?

wednesmandra - Oktober 25, 2010

bagus, jaman angkatan sebelum aku itu bagus2. angkatanku masih bagus. tapi setelahnya aku kurang memperhatikan. kita bagus karena diawali oleh HEP yg cukup tegas. sekarang sepertinya sudah meredup seiring perkembangan jaman


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: