jump to navigation

Sekolah itu Mahal Oktober 27, 2007

Posted by vetamandra in tulisan ra nggenah, Veta banget.
trackback

Beberapa waktu yang lalu, saya terlibat percakapan dengan tetangga saya. Pertamanya sih tentang anaknya yang tidak mau sekolah (efek cuti bersama). Kemudian malah berkembang ke konsultasi rumah tangga, anak, dan sekolah. Entah gimana pembicaraan berlanjut ke biaya pendidikan. Dia mengeluh tentang SPP, biaya masuk, uang gedung, dan tetek bengek lainnya. Perbandingan pun dilakukan antar sekolah anak saya dan sekolah anaknya. Walaupun sama-sama TK ABA, biaya yang dikeluarkan tetangga saya lebih mahal daripada saya. Kenapa bisa begitu? mudah aja, lokasi sekolah anak saya lebih ndeso daripada lokasi sekolah anak tangga. Anak saya bersekolah di deket pantai selatan bantul, sedang anak tetangga saya di bantul bagian utara (udah bau kota).

BERAPA

Dilihat dari biaya masuk, anak tetangga saya membayar 1 jutaan, sedangkan saya cuma 100 ribuan (semua biaya berdasarkan ukuran jogjakarta, yang menurut saya masih murah bila dibandingkan daerah lain). Dari biaya masuk itu sama-sama mendapatkan seragam, dan paket yang sama.

Kemudian uang SPP, tetangga saya membayar sekitar 50rb (yang paling murah), saya membayar 14 ribu(yang paling mahal), perbedaannya tetangga saya mendapatkan asuransi.

Dengan biaya yang lebih murah, fasilitas yang kurang lebih sama pun bisa saya dapatkan. Apa yang terjadi, apakah karena letak geografis mempengaruh, padahal lokasi tk mahal itu belum kota banget, itungannya masih nDeso, Agaknya di Negeri Indonesia ini di tengah mahalnya harga-harga barang kebuthan pokok semua bisa terjadi. Seorang teman pernah mengatakan bahwa sekarang telah terjadi kisruh sosial besar-besaran yang dilakukan oleh semua pihak. Seperti maraknya angka kriminal, angka korupsi, dan segala hal yang bertujuan menyesuaikan diri terhadap tingginya harga kebutuhan hidup. Jadi apapun dan berapapun harga-harga kebutuhan pokok, mereka menyesuaikan dengan menaikkan korupsinya bagi yang korup, menaikkan jatah malingnya bagi yang maling.

Baru-baru ini jugaj Pak-e juga sedang memerangi ganasnya mafia pendidikan di salah satu SMA di jogja, bahkan kemarin sampai dimuat di kr. Yang jelas saya tahu dia betul, dan dukungan keluarga selalu berada di belakang PAK-e, maju terus yo pak-e!

Syukur saya hidup di desa terpencil, dimana segala sesuatu belum diukur oleh material.

sekolah bagus di jogja

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: