jump to navigation

Tiap-tiap banjar dua kali belok kanan…………………… November 6, 2007

Posted by vetamandra in Diri Sendiri, tulisan ra nggenah, Veta banget.
trackback

Ngomongin soal tonti, di postingan sebelumnya adik saya udah nulis pandangannya tentang tonti, sekarang giliran saya. Dulu waktu SMU saya ikut (baca, kepaksa) tonti. Pada waktu abis selesai Tjakra, nama saya kok dipanggil disuruh ke lapangan basket. Apa salah saya ? pikir saya.ย  Di hati sebenarnya saya sudah menduga ini pasti ada sangkut pautnya dengan tonti.

Sebenarnya ada dua ekstra yang kita tidak bisa menolah ketika udah terpilih. TSC (teladan science club) dan Tonti. Pikiran saya waktu itu beruntunglah mereka yang ikut TSC, celakalah mereka yang ikut Tonti. Apalagi Tonti di sekolah saya termasuk langganan juara. dan kata pelatihnya Tonti adalah prestige-nya Sma siji.

Berangkatlah saya ke lapangan basket, seperti biasa dibagi dalam kelompok-kelompok, dan disuruh berbaris. Pada waktu itu sudah tak jelek-jelekin barisnya.

Waktu pun berlalu..pagi hari, di sekolah saya temukan nama saya tercatat sebagai calon anggota Tonti angkatan 2002. Di dalam pikiran ini udah terbayang latihan terus sampai PPI dimulai

PPI : adalah Purna Paskibraka Indonesia, lomba PPI diadakan oleh PPI (ya iyalah), pada waktu bulan september / oktober, diikuti Tonti seluruh DIY, biasanya bertempat di Balaikota, dan Among Rogo (yang sekarang masih rusak).

Terbayang pelajaran bakal terganggu (dan emang iya, ulangan pertama pak Sidhi, dapat nilai 2 hiks). Diberi nasihat oleh orangtua “semua ada hikmahnya, dijalanin aja”. Dan saya waktu itu memang polos sekali, dan manutan (normatif). Akhirnya ikutan Tonti, walaupun tidak ikut pengukuhan hehehe (mosok digojlog).

Yang saya dapatkan dari Tonti

  • Kulit jadi hitam, gosong, saya kan aslinya putih ๐Ÿ™‚
  • cuapek luar biasa, la wong pulang dari sekolah jam 5, sampai rumah jam 6, mau belajar udah ngantuk
  • Niali olahraga selalu bagus (kan pembimbing tonti guru olahraga)
  • banyak teman

Sebenarnya Tonti nggak berkesan banget buat saya, kesan yang paling mendalam itu ya capek, push up dll. Padahal saya nggak cocok dengan kedisiplinan, Anti malah. Saya udah bilang sama Bogi, “Ngomong-o karo pelatih mu, Mas aku itu nggak suka ikut tonti, Males, Nggak niat, sesuatu kalau nggakniat akan menghasilkan yang jelek dst” tapi kayaknya sama bogi/wednes nggak berani ngomong hehe.

Saya pernah dengan seorang kepala sekolah bilang bahwa Tonti itu adalah prestige sekolah, jadi kalau menang Tonti nama sekolah ikutan terangkat. Kata saya (dalam hati tentunya) Prekkkk!!! Ada orang yang suka dikerasin (didisiplinkan), tetapi ada orang yang anti didisiplinkan seperti saya, dan mungkin adik saya. Orang yang suka dikerasin (mungkin kecenderungan masochism kali), mereke setiap diperlakukan kasar suka, tidak mengeluh, kenapa? karena mereka menikmati. Untuk orang yang anti dikerasin ya jelas nggak suka. Di dalam hati ini rasanya tertekan luar biasa. Jadi mungkin kedepannya harus di tes dulu manaย  yang termasuk masochism, mana yang tidak. Yang masochism bisa diterima tonti.

Mosok gara-gara nama sekolah, harus mengorbankan perasaan, pikiran dan mungkin masa depan seorang anak!!

Andaikata saya bisa mengulangi waktu saya akan mundur dari Tonti pada saat ditanya mas Faqih, sudah mantep masuk Tonti? saya akan jawab Tidak!!!

Iklan

Komentar»

1. Arya Nasoetion - November 6, 2007

Saya waktu kelas I gak pernah ikut latihan, tapi kelas II jadi instruktur paling galak ๐Ÿ˜€

tintii - April 4, 2011

wah…
ambil enak aja ๐Ÿ˜€

2. iorme - November 9, 2007

saya dulu smp jadi tonti, emang jadi capek dan tambah item (padahal aslinya dah item)

3. prasetyo - Juli 31, 2008

hehe seru juga ceritamu.. dulu aq ikut tonti lho. Sekarang sih udah lulus. Tapi latihan fisik nya “works” baget lho. Sekarang aja gara-gara nggak pernah sit-up / push-up, badan rasanya gak enak banget..nggak pernah olah raga kayaknya.. ah, kapan2 liat ah yang lagi tonti.. Lakukan lah semuanya dari hati oke, do with your heart!

4. akku - September 16, 2009

km bisa nulis kaya gitu karena km dah masuk tonti..
coba kalo saat itu km lbih milih masuk TSC ,, apakah km jg akan spt ini???


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: