jump to navigation

FORUM AKSI PEDULI DELAYOTA November 27, 2007

Posted by wednesmandra in Sekolah, Uncategorized, Yogyakarta.
trackback

jauh sebelum forum…

Senin, 26 November 2007. Sebelumnya telah dirapatkan pada hari Sabtu 24 Nov 07. Yang dihadiri oleh sebagian anak-anak kelas satu,dua dan sebagian kecil anak anak kelas 3. Rapat ilegal yang diadakan itu penuh dengan Pro dan Kontra. Karena sebagian besar, banyak rencana awal yang dirubah karena tidak setujunya anak-anak kelas 3 (terutama mbak-mbaknya). Rencana awalnya akan diadakannya Long March ke Balkot, tapi tidak jadi. Walau saya tidak tahu keputusan akhir, tapi saya menghadiri rapat tersebut. Saya termasuk salah satu anak yang peduli tapi saya tidak mau ikut campur masalah Kepsek yang katanya KORUP itu. Bapak Abu Suwardi. Saya tahu sedang terjadi perang dingin antara pihak pengungkap adanya indikasi KORUPSI ini. Yang saya dengar, guru-guru juga mengeluh masalah ini. Mereka sampai curhat ke murid-murid. Mereka mutung untuk mengajar para murid. Memang banyak terlihat semangat para pengajar Delayota yang Lemes gak semangat. Apa cuman perasaan saya aja ya?

detik-detik sebelum forum…

Senin pagi, Bangun tidur dengan santainya. Berangkat sekolah dengan santainya. Upacara Bendera berlangsung dengan biasa, ramai. Kami menantikan aksi itu, dimana kami dapat berinterview bersama dengan Pak Abu.Setelah upacara, kami masuk kelas sebentar dan langsung saja ada komando untuk keluar kelas menuju lapangan badminton. ramai. menyaksikan kakak-kakak menyebarkan selebaran-selebaran berisi berita yang pernah ada di media masa.

Forum dimulai [!]

Nah.. dimulai. Semua berkumpul, duduk, mendengarkan pembawa acara (haha koyo kuis wae). Saya tidak tahu namanya apa tapi ya, yang mimpin acara gitu, ada mas Suke, trus mbak siapa gak tahu. Di situ hadirlah Bapak Abu Suwardi. Orang yang kita tunggu-tunggu. Horeee… Forum dibuka dengan penjelasan dari Pak Abu. Menjelaskan mengenai isi selebaran. Penjelasan yang lelet dan agaknya membuat hati saya bosan. Acara tanya jawab pun dimulai. Mas Gatot mulai menanyakan hal-hal yang saya tidak begitu jelas karena Pak Abu juga tidak pandai menjelaskan, dan menurut saya itu hanya bualan.

Ada mbak-mbak yang mengikuti pertukaran pelajar di luar, mereka menanyakan tentang dana SPP mereka selama setahun di luar negeri, mengapa harus mbayar ?, padahal mereka tidak menggunakan fasilitas di SMA 8 Yogyakarta. Mengapa?. Jawabannya begini : Untuk Subsidi silang dan untuk yang kekurangan. Subsidi silang yang seperti apa?. wah wah tidak jelas. Yang kami dengar dari tadi hanyalah ketidak jelasan dari Pak Abu. Menurut saya, Forum seperti ini hanya membuat suasana tidak kondusif untuk mencari kebenaran dan kejelasan. Lalu mas Ridwan wicaksono (Ketua OSIS) mengajukan pertanyaan yang memang sedikit berani memaksa Pak Abu, begini, “Pak, mungkin ini yang menjadi rasa penasaran kita semua dan saya sendiri, saya hanya ingin menanyakan, apakah betul bapak itu berbuat korupsi ?”. Saya benci jawaban lelet Pak Abu yang bertele-tele dan gak jelas. Lanjut Mas Ridwan bertanya lagi, “Pak, maaf saya cuman ingin mendengar dari mulut Pak Abu sendiri tentang ini, tolong dijawab dengan singkat, padat, dan jelas, apakah betul Bapak berbuat korupsi?”. Pak Abu akhirnya menjawab tidak korupsi…… tapi……. tidak Korupsi menurut LPJ dan cantuman anggaran dana yang waktu itu ia pegang. Halah ra mutu pak..!! (dalam hati saya berkata seperti itu!).

Di tengah acara sempat terjadi tindak pengusiran wartawan oleh sebagian anak-anak yang waktu itu ikut andil mengatur jalannya acara, juga oleh 6K. Karena dalam rapat kami telah sepakat ini, forum ini adalah masalah Intern, dan tidak boleh ada pihak luar yang datang. Tapi apa salah bila wartawan datang? Mereka seharusnya tidak boleh diusir. Menurut saya waktu itu sah-sah saja. Dan saya tidak begitu mempersalahkannya. Akhirnya setelah berunding di luar, dan itu ada bapak saya, Endra Harsaya Ssn. selaku anggota komite tidak tetap dan wali murid, wartawan pun diijinkan masuk, dan sebagian anggota komite datang. Pak Hendro pun segera bergabung dengan forum dan memulai segala kata-kata juangnya, dengan karakter komentator balap, (salahe sero..sero..).

Di Forum ini juga di hadiri oleh ibu Mahfud, selaku komite tetap dan bendahara komite. Sempat debat juga dengan Pak Hendro. Forum pun semakin jauh dari tujuan awal. suasana tidak enak, karena ini dihadiri oleh pihak Pro Pak Abu dan Kontra Pak Abu. Ada juga beberapa siswa yang mengajukan pertanyaan ke Pak Hendro.

Tiba tiba saja acara terpotong oleh ajakan dari salah satu murid (saya kurang memperhatikan) untuk menyanyikan Himne Guru. Beberapa murid menangis dan sungkem kepada guru. Memang sih, saya juga menghargainya, saya menghormati guru, tetapi ini malah jadi gak karuan dengan seperti ini. wahhh. Pokoknya sampai akhirnya Kami bersama-sama menyanyikan Lagu Mars SMA Negri 8 Yogyakarta.

tanggapan saya sendiri..

acaranya cukup menarik karena dapat mempertemukan Bapak Abu Suwardi yang rock n roll itu… Tapi sejujurnya saya kurang puas dengan hanya tanya jawab seperti itu. Kita semua tahu, mana ada maling yang mau ngaku? jadi jawaban yang kita dapat bisa saja bualan-bualan gak jelas dan gak transparan. Tidak terbuka dan telanjang.

Iklan

Komentar»

1. aNdRa - November 28, 2007

Pertamax.. hehehe 😀
Maaf kurang mudengs ama topiknya… just dropping by and say hello..

ya sebenernya sih cuman kronologi FAPD, ya gitu deh.. dan juga apa isi hati saya !!

2. pimpaaahhh - November 29, 2007

Memang banyak terlihat semangat para pengajar Delayota yang Lemes gak semangat. Apa cuman perasaan saya aja ya?
komenku….
mas…mbak…or sapa aja deh (sebenarnya dek sih…tp gak penting lah…)yang ngepost…..menanggapi hal itu….
kayaknya ibuku termasuk lemes gak semangat itu deh.tapi bukan karena apa2.Tapi karena ibuku JANTUNGAN!!!!
sampe rumah ajah beliau masih lemes dan keringat dingin.besok2 kalau ada acara yang seperti itu tolong….bilangin ke temen2nya…
para pendamping (guru atau apapun lah istilahnya….)yang punya sakit berisiko berat diungsiin dulu yah. Ibuku cuma 1 gak ada cadangannya pula,dan aku masih pengen ditungguin ibuku je x)

aku tau hal ini itu ya dari cerita2 ibuku.dan ibuku juga udah hopeless sama sikonnya sma 8.salut buat anak2 sma8 yang care sama skolahnya…keep on fight ya….

oke mbak.. eh mbak pa mas ini… ya pkoknya gitu

3. MI - November 30, 2007

weh, ki wednes yo?? ki ilmi, X SBI, boz…

salah satu dari para “penggerak” massa ^^

q salud sama keperdulian dan smangat bapakmu…

tapi aku mau mncoba ngasi masukan dikid, tolong ditanggapi dengan kpala dingin dan tolong jangan marah y…

semenjak beliau mengikuti forum tsb,.

forum tanya jawab yg smula meminta keterangan pihak sekolah tntang apa yg trjadi, tapi kok malah jadi debat kusir gitu antar bpk.Hendro dan bu Mahfud MD(ato sapalah namanya)

qt sampe trpaksa matiin sound sistem ne gara2 beliau sempet nyisipin kata2 “mnurunkan bpk.AS” (ketokke, sing pasti mirip2 koyo ngono) lo…

eniway, kputusan dari bawasda dah kluar, bpk. AS bsrta bbrapa rekan nya dinyatakan brsalah,

smoga dengan ini, sgala kondisi kmbali normal seperti sedia kala dan kita bisa blajar dengan tenang kmbali…

oiya, wingi jum’at, orang dari dinas datang + nanya2 ke murid lo,

yang klas X diwakili Rifky (klas ku)

@pimpaaahhh, kami minta maaf apabila kami tlah mmbuat anda dan kluarga anda (trutama ibu anda) khawatir dan resah akibat aksi kami ini…

rapopoh bos, bapakku emg koyo ngono.. nek omong cen wangun, mengutarakan segalanya dengan mantab!! o ya dan harus membela yang benar, semua buktinya ada di sini klik wae sing wajah ngguyu ! okey rock en roLL !! 🙂

4. manggaijo - Desember 2, 2007

hha, itu pembawa acara yang cewek namanya bintang, yang ngajak nyanyi klo gg mb tya ya paling mb sindy, pas itu aku lagi di gerbang depan (jalan”, refreshing 🙂 )

keadaannya pas itu emang mawut banget.
untung gg terjadi hal” yang macem”. hff. 🙂

oh, ya, sekalian, salam kenal ya.
best regards,
dhea laras XI ipa 6

5. MI - Desember 2, 2007

“menyaksikan kakak-kakak menyebarkan selebaran-selebaran berisi berita yang pernah ada di media masa”

kae selebaran2 ne le nggawe aku lo cah!! 😀

6. MI - Desember 2, 2007

weh, coment ku di enggo bapakmu nang blog ne ki…

jeneng ku karo tulisan2 penting ne yo di-bold meneh 🙂

7. qomar - Mei 16, 2008

Assalamualaikum

Saya alumni Delayota 1997, mantan ketua MPK tahun 98 dan koord seksi perlengkapan, kalo gak percaya tanya pak rubi guru sejarah atao pak nur guru bahasa indonesia (kalo msh ada), sedih juga mendengar hal seperti ini.
Kalo ada berita lagi boleh lah kasih tahu.

8. nino - Juli 6, 2008

saya jg alumni Delayota lulus taon 2000, duh duh… pakci ku kenapa ini…

9. prasetyo - Juli 31, 2008

Saya alumni Delayota yang lulus tahun 2006.. pas pasca gempa kami nggak ngadain perpisahan secara gede-gedean alasannya sebagai wujud kepedulian dengan keadaan.. abis itu setelah lulus saya baru dapet kabar dari adik kelas klo Pak Abu nya beli mobil baru.. yah dalam hati sempet mendongkol tapi yang sudah berlalu biarlah berlalu.. Delayota tetep go on, yeah!

10. sontolobong - Februari 26, 2010

hahaha jaman aku jek enom ki yoo

11. wednesmandra - Februari 26, 2010

hehe 😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: