jump to navigation

Cinta yang membutakan Desember 1, 2007

Posted by vetamandra in delayota, keluarga, Sekolah, tulisan ra nggenah, Veta banget, Yogyakarta.
trackback

Kefanatikan, Cinta yang sangat berlebih akan menutupi matamu akan keadaan kenyataan yang ada. Seakan-akan ada tembok besar menutup pandanganmu, menghalangi atas kenyataan yang ada, mencegah pikiran terbuka. Yang ada hanya pikiran sempit, bukan terbuka.

Sempat terhenyak sebentar, nafas naik turun, saat kemarin saya dan WM iseng-iseng memasukkan nama Abu Suwardi di kotak pencarian mbah google. Saya pun terdampar di sini dan di sini. Sebagai anak, rasanya sedikit tidak bisa menerima kalimat-kalimat yang terurai disitu, yang mana menyudutkan pak-e. Sebagai manusia yang sadar bahwa pandangan hidup ini dipengaruhi berbagai macam hal, cara pandang tiap makhluk tuhan terhadap segala sesuatu masalah dipengaruhi oleh apa yang ada dalam pikirannya, yang telah diterimanya dan dianut sedemikian lama. WM juga tidak terima, marahlah dia. Kemudian saya jelaskan tentang (mungkin) sudut pandang yang mereka ambil.
Seperti ini :
SUDUT PANDANG MEREKA :
Memandang pak-e sebagai orang luar yang membuat nama sekolah mereka menjadi jelek, kotor dan busuk. Pandangan masyarakat terhadap nama sekolah mereka menjadi jijik , sinis. Mungkin di dalam pikiran mereka, jika pak-e tidak berkoar-koar, tidak bersuara, nama sekolah mereka tetap akan bersih dan harum mewangi sepanjang hari J. Kemudian pada FAPD dimana pak-e tiba-tiba muncul secara tidak terduga, nggak ada kentut dan nggak ada geledek menurut kata-kata mereka dalam melukiskan kedatangan pak-e. Di dalam otak mereka pak-e itu memiliki citra yang buruk, kemudian dari pemikiran itu mempengaruhi pandangan mereka atas pak-e. Jadi apapun yang dilakukan pak-e akan diinterpretasikan menjadi sesuatu yang negative, dan mengancam. Contoh : suaranya pak-e yang menggelegar dan keras, memang suaranya seperti itu (gawan bayi) bagi yang belum terbiasa dan ditambah adanya pola pikir yang seperti itu, ya hasilnya kalo pak-e ngomong rasanya seperti dimarahi. Pola pikir yang banya dipengaruhi chauvinisme dan menghasilkan Right or Wrong it’s my school.

Sebelum ontran-ontran ini terjadi dan mengakibatkan diberhentikannya Abu Suwardi, loommy telah mengawali terlebih dahulu, dan berhenti atas ancaman somasi Abu Suwardi terhadap loommy. Tapi masa panen itu pasti datang, setiap kali menanam, panenan harus diunduh. Saat loommy mengajak Abu Suwardi memanen, padinya belum masak benar, ternyata baru sekarang panenan itu dinikmati Abu Suwardi.
Kenapa mereka membenci pak-e? padahal siapa toh yang sebenarnya membuat nama SMA 8 busuk seperti sekarang? Siapa ? Yang saya tahu pak-e hanya ingin membuang bau busuk itu. Membuat SMA 8 harum lagi. Lalu kenapa mereka masih menyalahkan pak-e? dianggap provokator? Menginjak-injak guru mereka? Apa mereka tahu kenyataan yang sebenarnya? Siapa guru-guru mereka? Topeng yang dikenakan ? Apakah fanatisme cinta telah mengalahkan rasio, akal pikir, norma yang selama ini telah diajarkan?
Mencintai ?
Jika anda mencintai sesuatu secara sepenuhnya, misalkan istri . Jika ada sifat istri anda yang jelek, seperti memfitnah orang , apakah anda kan mendiamkan saja? Jika anda punya pacar, dan pacar anda itu bersifat jam karet, apakah anda kan membiarkan saja? Jika jawaban anda iya, maka sebetulnya bukan cinta yang anda punya. Sebaliknya kekerasan terhadap pasangan anda yang anda lakukan. Kenapa anda hanya diam melihat pasangan anda berbuat salah? Saking cintanya? Bukan! Cinta tidak seperti itu, cinta itu bukan berarti membiarkan saja, harus ada yang men-eling-kan jika ada yang bertindak salah.
Saya bukan lulusan SMA 8, mungkin ini bukan urusan saya. Tapi semenjak pak-e sedang sibuk, memikirkan sekolah anda, memikirkan bagaimana menghilangkan bau busuk agar nama SMA 8 harum kembali. Secara emosional saya terlibat. Sempat ragu juga, pakah perjuangan pak-e dan teman-teman akan berhasil, karena jika gagal akan berpengaruh ke sekolahnya WM, dan akibat paling buruk WM bisa pindah sekolah, tetapi keraguan saya tidak terbukti. Saya tahu rekaman investigasi pak-e, saya ikut ke DPRD, saya tahu file-file bukti dugaan korupsi, saya membantu pak-e membuat blog saat Koran-koran pelit memberitakan berita ini.. Mungkin anda berpikir, jika pak-e tidak ada, maka tidak akan ada ontran-ontran seperti ini maka nama SMA 8 tetap harum. Saya tidak tahu, tetapi disini saya merasa sepertinya semua telah diatur oleh Allah. Mulai dari WM masuk aksel SMP 5, terus dibuang dari padmanaba ke delayota, dan dipliihnya pak-e jadi anggota komite tidak tetap. Tidak diundang rapat komite akibat kekritisannya . Bertemu bu Yuli, kesasar di blognya loommy. Entah dengan anda? Tapi saya merasa beruntung, ada yang membela haknya, ada yang membantu orangtua yang tidak mampu sehingga mereka membayar biaya sekolah tidak terlalu mahal. Yang jelas sekarang udah ketahuan kan? “becik kethihik ala ketara”

Open mind for a different view…and nothing else matter

Komentar»

1. manggaijo - Desember 2, 2007

first of all, makasii lho, udah bikin link ke blog saya dari blognya mas^^
(benerkan?).
ya, melihat dari sisi yang berbeda, itu yang mungkin memperlihatkan perbedaan yang ada.

kita sama” berusaha.
semoga menghasilkan yang terbaik.

saya rasa, semuanya ingin yang terbaik. tapi ya, itu tadi, cara pandang dan posisi yang berbeda membuat cara yang ditempuh untuk mencapai tujuan yang sama jadi berbeda.

hmm. mungkin pernyataan saya diatas sedikit complicated, tapi, semoga anda mengerti maksud saya. (saya gg pintar bikin kata” bagus^^)

best regards,
dhea laras (siswi SMA N 8 Yogyakarta)

2. vetamandra - Desember 3, 2007

sami-sami, dari dulu masalah persepsi tidak akan rampung. Tiap orang punya hak atas persepsinya.


Tinggalkan Balasan

